Kamis, 21 Juli 2011

yuk ngintip kisah awal persahabatan HIMAKI UNY dan HIMKA KIMIA :)

           Pada tanggal 16 Juli 2011, HIMKA kedatangan tamu dari teman2 HIMAKI UNY. Namun kedatangan mereka ke jurusan kimia FMIPA ITS ini bukanlah untuk study banding seperti kunjungan dari UNS kemaren dan semacamnya, tetapi adalah untuk menyelenggarakan acara CEC (Chemistry and English Competition) tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Bali. Acara ini mungkin bisa dibilang mirip kegiatan tahunan terbesar HIMKA, yaitu Chemistry Week, lebih tepatnya NCC. CEC dilaksanakan di empat regional yaitu, Yogyakarta(regional pusat), Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Untuk regional Surabaya dipilih dan dilaksanakan di Jurusan Kimia FMIPA ITS Surabaya dengan Koordinator regionalnya adalah mas Wahid.

Dimulai dari kedatangan pihak HIMAKI UNY ke HIMKA ITS pada awal juni lalu sebelum liburan semester. Pada waktu itu kepengurusan HIMKA masih dipegang oleh mas Handoyo Raharjo atau yang akrab kita panggil mas Jojo. Ketika itu, teman-teman UNY dan Mas Eko selaku Ketua Panitia CEC, berkunjung langsung serta menyerahkan proposal kegiatan CEC kepada HIMKA sebagai surat resmi untuk mengadakan kegiatan. Tak lupa juga HIMAKI UNY menyampaikan niatnya untuk mengadakan kerjasama, yaitu dalam bentuk peminjaman ruangan kelas sebagai tempat diadakannya kegiatan. Tentu saja dari pihak HIMKA membuka pintu lebar membantu teman2 UNY untuk masalah ke pihak jurusan.

Hari H. Panitia dari pihak UNY dan beberapa perwakilan fungsionaris HIMKA berkumpul pukul 07.00 WIB untuk dilaksanakan briefing panitia dan pukul 08.00 tepat dibuka registrasi peserta. CEC diikuti oleh 10 tim dari daerah Surabaya, Sidoarjo dan Tulungagung. 1 tim terdiri dari 3 orang. Pelaksanaan olimpiade dilakukan selama 2 jam dari pukul 09.00 – 11.00. Para peserta mengerjakan soal sesuai dengan instruksi yang telah diberikan.

Pukul 11.00 tepat peserta dipersilahkan untuk meletakkan alat tulis pertanda bahwa waktu pengerjaan telah habis. Panitia segera mengambil LJK peserta dan menginformasikan bahwa hasil olimpiade bisa dilihat sore hari langsung di web di hari yang sama. Setelah penyampaian informasi, peserta diarahkan keluar kelas untuk registrasi ulang serta pembagian snack, sertifikat dan olimpiade kit.

CEC ini sebenarnya sudah rutin beberapa kali diadakan tiap tahunnya oleh HIMAKI UNY, tetapi untuk tingkat se-Jawa Bali baru dimulai diadakan tahun ini. Setelah acara berakhir, diadakan sesi sharing dimana dari pihak HIMAKI UNY dan HIMKA ITS saling bertukar saran. Dan dari pihak HIMKA ITS sedikit berbagi pengalaman tentang kegiatan Chemistry Week, khususnya NCC. Tak lupa juga dari pihak UNY menyampaikan niat mereka untuk melanjutkan kerjasama dengan pihak HIMKA ITS untuk kedepannya. Tentu saja niat baik itu kita terima dengan senang hati :D

Sebelum teman2 HIMAKI UNY pamit pulang, ada sedikit kenang2an untuk HIMKA ITS. Waah, senangnyaa. Alhamdulillah. Diberikan oleh Mas Wahid dan diterima oleh Kahima kita, Mas Anang Maryanto.  Dari pihak panitia juga tidak mau kalah. Akhirnya diadakan sesi foto-foto di depan himpunan, hihihi.. …

Banyak pelajaran dan manfaat yang HIMKA dapat dari kerjasama dengan HIMAKI UNY ini. Terutama untuk kegiatan Chemistry Week kedepannya. Yang dulunya bekerjasama dengan lembaga bimbingan belajar mungkin bisa beralih bekerjasama dengan universitas lain. Harapannya untuk akomodasi panitia dan persiapan acara menjadi lebih mudah.
Akhirnya teman2 UNY pun pamit pulang.

Hati-hati di jalan dan semoga sukses yaa
Semoga kerja sama dan tali silaturahmi ini akan selalu tetap terjaga, amiin…

Tunggu kedatangan teman2 HIMKA ITS untuk berkunjung ke HIMAKI UNY.. Amiin :D

best regards ~
HIMKA FMIPA ITS 2011



berikut dokumentasi serunya :D





Tidak ada komentar:

Posting Komentar