Rabu, 02 November 2011

kilas balik chemistry week 2011

Chemistry = kimia, week = minggu, apakah arti chemweek itu minggu kimia ? Jawabannya adalah bukan. Chemistry week merupakan istilah saja yang sebenarnya mempunyai pengertian, agenda tahunan dan merupakan program kerja terbesar dari Himpunan Mahasiswa Kimia FMIPA ITS. Apakah Chemistry week dilakukan dalam waktu 1 minggu ? Lagi-lagi, jawabannya adalah bukan, karena chemweek diselenggarakan selama lebih kurang 3 bulan.
Diawali pada tahun 2007, setahun lalu adalah tahun ke lima terlaksananya kegiatan chemweek. Chemistry week menaungi lima kegiatan besar dibawahnya. Seperti NCC (National Chemistry Challenge), SWOT ( Science Writing Competition, OH Kimia (Open House), FestBuk (Bazar Buku), dan Workshop. Dari tahun ke tahun, konsep acara yang disuguhkan memang berbeda-beda. Mulai dari yang awalnya hanya sekedar lomba tertulis menjadi bertambah variatif (seperti adanya Color Box di kegiatan NCC).
Tujuan yang mendasar diadakannya kegiatan Chemistry week ini adalah untuk :
  1. Mengasah kemampuan siswa-siswi SMA/SMK sederajat dalam bidang kimia.
  2. Menjaring potensi keilmiahan siswa-siswi SMA/SMK sederajat mengenai kimia.
  3. Mengenalkan ilmu kimia sejak dini kepada masyarakat umum dan mengetahui perkembangan dan aplikasi ilmu kimia di lingkungan sekitar sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menjalin keakraban antar warga kimia.
Untuk lebih jelasnya, akan diulas kembali serangkaian kegiatan Chemistry week 2011, yang pada tahun tersebut digawangi oleh Moh. Zamzam Zukhrufi sebagai ketua panitia Chemweek 2011, Anang Maryanto sebagai ketua NCC (National Chemistry Challenge), Ibnu Muhariawan sebagai ketua SWOT (Science Writing Competition), Dedy Yudianto sebagai ketua Open House Jurusan Kimia, Farhanah sebagai ketua bazar buku dengan nama acara Facebook, dan Eka Rizkiah S. sebagai ketua Workshop, dibawah kepemimpinan Handoyo Raharjo sebagai Kahima Kimia 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar