Jumat, 09 Desember 2011

sekilas opening chemistry week 2012

Jurusan Kimia terlihat berbeda dari hari biasanya, ramai dipenuhi kerumunan remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka berasal dari daerah sekitar Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Sebagian besar dari mereka nampak antusias mengikuti kompetisi kimia bertajuk Chemistry Mania (Chem-Mania).

Stevi Adelia Putri, ketua panitia Chem-Mania ini menyebutkan bahwa para peserta di ajak untuk bermain sambil belajar dalam kompetisi ini. Caranya dengan melakukan sendiri berbagai percobaan kimia. "Mereka menyelesaikan percobaan, lalu diberi berbagai pertanyaan seputar percobaan itu," tuturnya.

Dikemas dalam sistem outbound, ada lima pos yang harus dilewati oleh para peserta. Semua pos berisi percobaan berbeda dan harus dilewati oleh semua tim. ''Dengan begitu, pengetahuan setiap siswa akan bertambah tidak hanya dalam teori saja," pungkas gadis berjilbab tersebut.

Tidak hanya Chem-Mania yang menjadi sasaran utama kunjungan ke Open House ini. Sebuah kelas di jurusan ini juga disulap menjadi sebuah pameran. 

Pameran ini menampilkan berbagai hasil riset dosen jurusan kimia, business plan, serta tugas akhir mahasiswa. Ada pula beberapa hasil PKM karya mahasiswa Kimia sendiri, serta stand khusus untuk siswa SMA finalis lomba karya tulis tahun lalu. 

"Acara ini sekaligus mengenalkan jurusan kimia dan kontribusinya kepada masyarakat, " ujar Kukuh Wijayanto, ketua acara Chemistry Week tersebut. Tim Chem-e-Car dari jurusan kimia yang masuk dalam 10 besar finalis pun turut dipamerkan dalam acara ini.

Lelaki yang kerap disapa Koko ini juga menyebutkan, bahwa Open House ini nantinya akan dilanjutkan dengan Science Writing Competition (SWOT) lomba karya tulis untuk siswa SMA, serta olimpiade Kimia. Sebelum ajang Chemistry Week sendiri, HIMKA telah mengadakan acara Chem Go To School. Acara tersebut menyosialisasikan rangkaian acara Chemistry Week, termasuk perlombaan Chem-Mania tersebut.

Marzuki, guru SMP Muhammadiyah 1 Gresik berharap murid-muridnya bisa menambah pengetahuan tentang Kimia dalam ajang tersebut. "Agar murid-murid tahu bagaimana praktek lapangannya di sini, dan bisa berkompetisi," ujarnya

1 komentar:

  1. bagus nih, jadi membuat anak2 yang semakin berkembang di bidangnya.

    BalasHapus