Sabtu, 24 Desember 2011

Sekilas Seminar " Reach your Future with Chemistry "

Acara ini sebenarnya untuk memenuhi tugas Kegiatan Pasca Pelatihan (KPP) mahasiswa baru jurusan Kimia. Dengan tema Reach Your Future with Chemistry, diharapkan mampu menarik minat peserta guna melanjutkan studi dibidang kimia. 


Seminar ini dibuka oleh Hamzah Fansuri MSi PhD selaku Ketua Jurusan Kimia. Dalam pembahasannya, Hamzah mula-mula memperkenalkan jurusan Kimia. Dengan bahasanya yang renyah, Hamzah bercerita soal sejarah jurusan Kimia yang telah berdiri sejak 1983.  Ia pun menyebutkan, Kimia tidak bisa dipandang sebelah mata karena disekitar kita itu adalah kimia. Serta pengakuan akreditasi A juga telah didapat oleh jurusan Kimia ini.


Tak hanya itu, perihal peluang kerja pun diangkat dalam seminar ini. Hamzah menjelaskan, prospek lulusan Kimia mampu bekiprah di berbagai bidang. Sebut saja dibidang industri, lembaga penelitian, perguruan tinggi, perbankan atau juga wirausaha.


Berbeda dengan lulusan Teknik Kimia, lulusan Kimia mampu mengisi lowongan Teknik Kimia dan tidak sebaliknya. ''Jadi jangan takut untuk menjadi seorang peneliti,'' ulas Hamzah memberi pesan kepada peserta.


Lebih lanjut, menurut Hamzah, masih banyak bidang Kimia yang masih kurang dieksplor. Keunggulan Sumber Daya Alam (SDA) juga masih melimpah yang belum termanfaatkan dengan optimal. Lulusan Kimia juga dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha dengan inovasi design economy. 
Seminar ini dihadiri oleh sekitar 160 peserta, yang datang dari berbagai daerah di sekitaran Surabaya. Seperti sekolah di daerah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Meski dalam liburan sekolah, pun nyatanya tidak menyurutkan minat peserta untuk mengikuti seminar ini. 


Antusiasme peserta juga terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul. ''Saya sangat butuh seminar seperti ini untuk arahan kemana saya melangkah setelah ini, apakah ke jurusan Kimia dan sebagainya,'' ucap Azizah, siswi SMAN 1 Waru.


Seminar ini terbilang sukses mengingat kali pertama dilakukan oleh mahasiswa baru jurusan Kimia. ''Semoga dengan seminar ini, peserta mampu menambah wawasan tentang Kimia sehingga ada niatan untuk bergabung,'' ucap Moch Amin Thohari selaku Ketua Panitia.

2 komentar: