Jumat, 29 Maret 2013

WISUDA 106 KIMIA 2013


Pada hari sabtu tanggal 16 Maret 2013, FMIPA dan FTI mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan Yudisium di Graha ITS secara bersamaan. maka dari itu Kimia-FMIPA ikut serta dalam memeriahkan Yudisium tersebut. Jurusan kimia memberikan kewenangan HIMKA (Himpunan Mahasiswa Kimia) untuk merancang serangkaian acara yang menarik untuk para Wisudawan 106 Kimia ITS. Dalam waktu beberapa bulan sebelum acara yudisium dimulai, HIMKA telah memiliki konsep yaitu KINGDOM OF CHEMISTRY  dengan interior-interior  yang bernuansa Jawa alasan memilih interior Jawa karena Kimia ingin melestarikan budaya Indonesia yang mulai pudar dan dicuri oleh Negara lain.



 
Dekorasi merupakan hal yang terpenting dipikirkan oleh HIMKA, karena agar terbentuk suasana Jawanya harus didukung pula dengan dekorasi yang mendukung konsep yudisium ini. Dekorasi dilaksanakan dua minggu sebelum acara, minggu pertama dibuat dekorasi yang kecil-kecil berupa hiasan-hiasan untuk panggung acara, serta dipersiapkan peralatan untuk mendukung pelaksanaan acara ini, dan minggu kedua dipersiapkan panggung acara. Persiapan yang dilakukan adalah menghiasi panggung acara, ini menghabiskan waktu semalam suntuk yang membuat para mahasiswa kimia harus menginap di jurusan. Hal yang berbeda dari Syukuran Wisuda kali ini adalah cinderamata yang diberikan berupa boneka sarjana, tidak menggunakn vendel lagi, dan ITS telah memutuskan tidak diperbolehkan mengendari sepeda motor pada saat pengarakan para wisudawan alasannya agar tidak terjadi polusi berlebih dan agar tercipta istilah Eco Campus yang diusung ITS. untutan acaranya adalah  arak-arakan sampai di jurusan, lalu sesi foto di jurusan, setelah sesi foto dilaksanakan acara makan-makan bersama, lalu sambutan oleh Kepala Jurusan Kimia, setelah itu dilanjutkan dengan pelepasan balon, lalu ditutup dengan hiburan-hiburan.





Perayaan wisuda di ITS sangat identik dengan arak-arakannya, tapi untuk tahun ini pelaksanaan arak-arakan tampak sepi karena tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan bermotor, jadi ini berdampak langsung dengan arak-arakan yang dilakukan mahasisiwa kimia yang biasanya meriah menjadi kurang menarik karena tidak ada kendaraan bermotor, HIMKA hanya menggunakan sepeda dan kereta kelinci untuk kendaraan para wisudawan. Tetapi setelah sampai di jurusan, 27 wisudawan kimia disambut dengan para pagar ayu dan pagar bagus, teman-teman jurusan serta para dosen-dosen yang memberikan apresiasi kepada para wisudawan. Lalu para wisudawan dan orang tua wisudawan disajikan konsumsi sembari mendengarkan sambutan dari Hamzah Fansuri, M.Si. Ph.D selaku Ketua Jurusan Kimia. Lalu Para Wisudawan di berikan hiburan dari para mahasiswa kimia, hiburannya berupa dangdutan, dan musik-musik lainnya, setelah itu giliran perwakilan wisudawan memberikan persembahan berupa paduan suara, Acara pelepasan balon tidak dapat dilaksanakan karena terkendala hujan. Setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan acara bebas, banyak para wisudawan yang foto bersama di Jurusan Kimia untuk mengenang Jurusan tercinta mereka. Semoga para wisuda 106 Jurusan Kimia ITS sukses.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar